• 2

    Jan

    Karier Baru di Tahun Baru

    Momen tahun baru bagi saya biasa-biasa saja. Tidak tergiur dengan hingar-bingarnya perayaan mulai dari jalan-jalan sampai bermesraan ditengah lapangan. Tahun baru yang identik dengan hura-hura sudah saya tinggalkan sejak mengerti dasar/ historis dari perayaan tahun baru. Alih-alih mengamalkan ajaran agama yang tidak mengada-adakan suatu perbuatan, dan menskralkan suatu hari, maka cukuplah bercengkerama dengan keluarga menjadi pilihan mengisi momen tahun baru. Tak perlu keluar biaya ! Pelit mungkin itu yang terbersit dalam benak anda… tapi tidak demikian, karena bersama keluarga, menjaga kehangatan dalam keluarga menjadi prioritas keluarga kami. Iseng-iseng membuka lembar-lembar berita di internet, perhatian saya tertuju pada
  • 21

    Dec

    Pem-Belah Duren

    KOTA Ndesa Purworejo adalah salah satu kabupaten di wilayah kekuasaan pemerintahan propinsi Jawa Tengah. Kenapa saya katakan ndesa karena ya banyak desa-desanya…hee,garing banget yah…. Karena ndeso-nya inilah purworejo dikaruniai kekayaan alam yang melimpah berupa hasil bumi dan peternakan yang luar biasa. Komoditi inilah yang menjadi andalan kabupaten tumpah darah saya ini. Suasana yang suejukk, nyaman, aman, adhem, dan ayem sangat melekat pada kabupaten berlabel Berirama ini, maka wajar pada musi-musim seperti saat ini buah durian sangat mudah dijumpai. Sepanjang perjalanan dari arah Magelang, Yogyakarta, Kebumen,...
  • 14

    Dec

    Si Bulan Datang Bulan

    “Mama….. aku berdarah, mama….aku berdarah ..” Teriak si Bulan dari kamar mandi sambil menangis dan meringis kesakitan, sontak seisi rumah mengalami kepanikan yang luar biasa, alhasil sang bapak-pun tergopoh-gopoh mendobrak pintu kamar mandi karena teriakan sang buah hati. Ya….karena si Bulan sedang Datang Bulan. Setelah mengetahui itu seluruh anggota keluarga lega…. Bagi sebagian orang, membicarakan Datang Bulang/ Haid/ Menstruasi adalah kurang layak dan selalu dianggap tabu. Namun mau tidak mau harus dibicarakan karena memang layak untuk diperbincangkan, setajam solet….halahh… M...
  • 10

    Dec

    Gerhana Bulan

    Informasi tentang fenomena gerhana bulan yang Insya Allah akan terjadi malam hari nanti telah dinanti oleh sebagian warga masyarakat. Ada yang sibuk membersihkan loteng rumah, ada yang sibuk menyapu halaman, bahkan ada yang sudah mempersiapkan layar lebar untuk sekedar menayangkan fenomena gerhana bulan ini. Sedemikian antusiasnya masyarakat hingga lupa jika saat ini adalah musim penghujan, jadi perlu juga dipasang tenda-tenda besar agar tidak kehujanan. :) Dikutip dari tribun.news, Kepala Observatorium Bosscha, Hakim Luthfi Malasan, mengatakan puncak gerhana bulan total, yaitu ketika bayangan bumi menutupi seluruh bulan, a...
  • 22

    Nov

    Bulan - pun Menikah

    Dalam ajaran Islam menikah adalah tuntunan agama bagi seorang pria yang sudah tidak dapat lagi menahan hasrat dan hawa nafsunya terhadap lawan jenis (perempuan). Pandangan yang cukup ekstrim dilihat dari kacamata sebuah hubungan, bahwa akhir dari pacaran adalah pernikahan. Banyak pria mencoba menarik hati si perempuan dengan mengobral janji dan sumpah setia akan selalu bersama…. namun pada kenyataannya hubungan kandas ditengah jalan. Sobat blogdetik, Menikah adalah prosesi sakral dalam kehidupan setiap manusia. Idealnya menikah hanya sekali seumur hidup dengan hanya satu pasangan saja. Karena dengan menikah berarti telah menjalankan separuh dari agama Tuhan, separuhnya lagi adalah TAKUT kepada-Nya….untuk itu selalu disarankan kepada pemuda agar segera menikah untuk menjaga keh
  • 10

    Nov

    Gak Ada Ide = Jalan Buntu

    Menulis memang memerlukan talenta yang baik, tak hanya sekedar ketik-ketik atau coret-coret di kertas tapi perlu perencanaan dan topik yang jelas. Seperti halnya tulisan ini adalah contoh sebuah tulisan yang tidak bermutu. Namun “maksa” saya posting agar kegalauan dan kebuntuan pikiran tentang ide menulis ini segera sirna. Saya sangat sepakat dengan rekan-rekan blogdetik yang memberikan tips dan trik mengenai posting yang baik, posting yang bermutu, posting yang mendatangkan duit dan sebagainya…..Ah, menurut saya itu muluk-muluk untuk seorang pemula seperti saya karena bagaimana posting yang baik, pilihan kata yang tepat bahkan harus sesuai dengan EYD sangat mengenyangkan. Saking kenyangnya memilih tidur daripada nulis di blog. :( Inti dari menulis adalah mencurahkan apa
  • 29

    Aug

    Idul Fitri = Fenomena Alam (Mudik)

    Alhamdulillah, kenikmatan beribadah di bulan suci Ramadhan sangat saya rasakan pada tahun ini, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang terlena dengan kesibukan pekerjaan dan keluarga. Intensitas ibadah lebih baik saya rasakan, dan bathin-pun terasa lebih dekat dengan yang Maha Kuasa, meski tidak tahu kadar pahalanya bagaimana, karena saya yakin itu urusanNya. Tak terasa penghujung akhir bulan Ramadhan jatuh pada hari ini, yang artinya siap-siap menyambut bulan baru yaitu Syawal atau lebih tenar disebut Idul Fitri atau Lebaran atau Badan atau Riyoyo Fitri (jawa.red). Untuk itu segala ubo rampe persiapan menyambut hari Fitri ini sungguh luar biasa dibanding menyambut bulan Ramadhan-nya. Rupanya inilah tradisi orang Jawa = Indonesia dalam menyikapi hari besar. Fenomena yang tak kalah menari
  • 10

    Aug

    Kajian Ilmiah: Makna Gerakan Sujud dalam Sholat

    Sebagai seorang Muslim tentulah suatu kewajiban untuk melaksanakan Ibadah Sholat. Dimulai dari Sholat Subuh hingga Sholat Isya’. Begitu seterusnya akan berlaku sepanjang masa sejak diperintahkannya Ibadah ini. Sholat sendiri adalah wujud pengejawantahan “penghambaan” umat terhadap Tuhannya, sebagai wujud bakti, taat, patuh, dan pengabdian terhadap sang Pencipta. Namun demikian, sedikit yang bisa memaknai sholat dan makna dari gerakannya. Sebagai umat kebanyakan menjalankan ibadah Sholat sebatas gerakan dan bacaan tanpa mendalami makna dan hakikatnya; alhasil dalam melaksanakan sholat terkesan terburu-buru agar cepat selesai dan mengerjakan aktivitas pekerjaanya. Pada posting ini, saya berupaya untuk menyampaikan makna gerakan sholat dalam hal ini Sujud dari sisi ilmiah d
  • 7

    Aug

    Hakikat Sains

    Kata sains diambil dari bahasa latin (scientia) yang bermakna kurang lebih “yang mempunyai pengetahuan”. Jadi secara bahasa Sains dapat dikatakan sebagai pengetahuan manusia tentang suatu fenomena alam dengan segala aspek yang menyertainya. Melalui suatu rangkaian proses guna menemukan sebuah solusi tentang permasalahan dalam memahami fenomena yang melibatkan langkah sistematis dan obyektif yang kemudian dikenal dengan Metode Ilmiah. Sobat blogdetik, untuk mengenal lebih luas mengenai sains kita sebaiknya memahami pula beberapa ciri dari sains itu sendiri, meliputi : 1. Obyek Objek ini mengkaji tentang benda-benda konkret (nyata) yang ada disekitar kita yang dapat diungkap dan ditangkap oleh panca indera kita yang dapat berupa benda padat, cair, maupun gas. Seringkali kita d
  • 6

    Aug

    Blogdetik: "Bikin Hidup Lebih Hidup"

    Postingan pertama nih sobat, rasanya dengan kenggulan-keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan blogdetik tak sungkah-sungkan untuk langsung membuat blog di blogdetik. Memang sih sudah punya blog di domain tetangga, tapi rasanya tak lengkap jika tidak bergabung pula di blogdetik ini. Saya yakin sobat semua rela meluangkan waktu untuk berdiskusi dan berbagi di media ini agar tercapai suatu kata sepakat akan sebuah fenomena alam yang sering kita jumpai sehari-hari. Yang muara-muaranya hanya mengagungi ciptaan Yang Maha Kuasa. Baiklah sobat, saya sangat berharap sobat blogdetik berkenan berkomentar dan memberi masukan terutama dari yang sudah Expert dalam dunia blogging, agar blog ini (dan saya) lebih bisa memaknai hidup. Kata pepatah ” Bikin Hidup Lebih Hidup“
-

Author

Follow Me

Search

Recent Post